Tips dalam Membuka Peluang Usaha Franchise Makanan

Tips dalam Membuka Peluang Usaha Franchise Makanan – Halo, kali ini saya akan membagikan informasi tentang tips dalam membuka peluang usaha franchise makanan, buat yang belum tau tentang franchise. Franchise atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama waralaba, merupakan sistem bisnis dimana kita berhak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan lainnya. Baca juga informasi tentang peluang usaha waralaba makanan jepang takoyaki dengan keuntungan besar.

Sekarang franchise merupakan sistem bisnis yang banyak disukai oleh semua pihak yang ingin terjun ke dunia bisnis. Karena dengan usaha franchise kita tidak perlu repot lagi dalam mengatur sistem usaha, karena kita tinggal menggunakan sistem yang telah disediakan oleh pihak franchise / waralaba. Kita juga tidak perlu lagi memikirkan tentang iklan untuk meningkatkan keunggulan brand yang kita punya, karena pihak franchise juga sudah menyediakan fasilitas agar brand yang mereka punya bisa besar. Satu hal lagi, keuntungan dalam berbisnis franchise adalah kita tidak perlu repot dalam meriset pasar. Karena dalam berbisnis riset pasar merupakan hal yang sangat rumit dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Baca juga informasi tentang Peluang Usaha Kemitraan Franchise Makanan yang Menjanjikan

Nah, untuk kalian yang sudah mempunyai bisnis kuliner sendiri atau baru ingin membuka peluang usaha franchise, berikut akan saya informasikan tips-tipsnya.

Tips dalam Membuka Peluang Usaha Franchise Makanan

Cari Lokasi yang Strategis

1. Cari Lokasi yang Strategis

Dalam berbisnis apapun tentu lokasi merupakan hal yang penting. Terutama dalam berbisnis franchise / waralaba makanan. Sebaiknya sebelum membuka sebuah tempat usaha untuk franchise, kita harus menanyakan / berkonsultasi lebih dahulu kepada pihak franchisor target pasar seperti apa dan lokasi seperti apa yang cocok. Karena pihak franchisor biasanya sudah memiliki data hasil riset ataupun hasil dari pengalaman mereka sendiri. Jangan sampai ketika anda membuka usaha franchise anda belum mendapatkan lokasi atau sudah mendapatkan lokasi tetapi tidak sesuai dengan target pasarnya. Karena hasilnya akan menjadi 50% Berhasil dan 50% gagal.

produk waralaba makanan daddys takoyaki
Contoh produk makanan yang dijual oleh pihak waralaba

2. Pelajari Jenis Makan dan Jumlah Menu dalam Franchise

Franchise / waralaba makanan yang bagus adalah jumlah menu makanan / varian menunya yang banyak. Karena dengan banyaknya jumlah varian menu akan lebih membuat konsumen lebih loyal. Mereka juga tidak akan pernah merasa bosan jika berkunjung ke tempat anda. Karena ada banyak menu yang bisa mereka pilih.

hpp produk waralaba daddys takoyaki

3. Perhatikan HPP produknya

Salah satu hal yang terpenting jika anda ingin membuka usaha franchise / waralaba makanan adalah harga produksi bahan baku nya yang murah. Usahakan cari produk dengan harga produksi tidak lebih dari Rp.10.000. Jika harga produksi melebih Rp.10.000, usahakan harga jualnya bisa melebihi 120% dari harga produksinya. Karena semakin murah harga produksi bahan bakunya, maka anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

sistem kemitraan daddys takoyaki

4. Pelajari Sistem Waralaba yang akan Kalian Jadikan Peluang Bisnis

Jika ingin berbisnis waralaba makanan, jangan lupa untuk mempelajari sistemnya. Seperti sistem pembayaran, proses pengiriman bahan baku & barang & support seperti apa yang diberikan oleh team pusat. Jangan lupa juga tanyakan pengembangan menu dan pengembangan franchise kedepannya seperti apa. Dan tanyakan kepada pihak franchisor apakah ada sistem franchise fee atau royalty fee jika kita bergabung dengan franchise tersebut.

sistem kemitraan daddys takoyaki
Contoh waralaba yang aktif dalam sosial media

5. Aktif dalam Social Media

Dalam membuka usaha waralaba, perhatikan keaktifan dari franchisor dalam social media. Karena social media merupakan salah satu fasilitas terpenting dalam hal pemasaran sebuah produk. JIka franchisor yang anda tuju aktif dalam social media, anda tidak perlu takut untuk kehilangan pangsa pasar dari sebuah produk yang jual dalam waralaba. Selain itu anda juga harus aktif dalam promosi sosial media minimal melalui akun yang anda punya. Anda juga bisa membuat social media sendiri khusus brand franchise yang anda miliki, dan berikan nama wilayah dibelakang nama brand franchise tersebut. Hal ini tentu akan sangat membantu anda dalam berjualan, karena yang tau persis tentang kondisi penjualan di outlet yang anda miliki hanya anda sendiri. Jadi jangan terlalu berpangku tangan kepada pihak franchisor.

jangan takut memberikan promo

6. Jangan Takut Memberikan Promo

Dalam membuka bisnis waralaba makanan jangan takut untuk memberikan promo kepada calon konsumen baru. Karena dengan memberikan promo anda akan mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen anda. Jangan takut untuk merasa rugi. Karena tips ini berguna untuk mengenalkan produk anda dan tentu akan sangat efektif untuk memberikan rasa percaya kepada calon konsumen anda. Contoh terbaik untuk memberikan promo adalah beli 2 gratis satu ataupun memberikan gratis minuman setiap pembelian menu makanan. Baca juga informasi tentang resep makanan jepang terlezat.

contoh tempat makan yang jorok
contoh tempat makan yang jorok

7. Jaga Kebersihan Outlet

Salah satu hal terpenting dalam berbisnis makanan adalah menjaga kebersihan dari outlet kita berjualan. Faktor penting yang bisa membuat pelanggan anda kembali aalah kebrsihan outlet. Dan dengan menjaga kebersihan outlet maka akan membuat pelanggan lebih percaya terhadap produk franchise yang kita punya.

Apa yang saya infokan merupakan pengalaman pribadi. Dan yang terpenting dari berbisnis terutama membuka peluang usaha franchise adalah jangan mudah menyerah. Terus fokus terhadap apa yang anda jual. Jangan ragu untuk turun langsung ke lapangan untuk berjualan. Sekian informasi mengenai Tips dalam Membuka Peluang Usaha Franchise Makanan dari saya. Kurang lebihnya mohon maaf. Terima Kasih

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *