Sejarah Cemilan Takoyaki dan Okonomiyaki Jepang

Sejarah Cemilan Takoyaki dan Okonomiyaki Jepang – Cemilan jepang / makanan khas jepang merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak penggemarnya diseluruh dunia. Bukan hanya karena rasanya yang sangat lezat, cemilan jepang juga memiliki banyak keunikan. Seperti bentuknya yang aneh & tidak familiar buat orang-orang yang hidup diluar jepang hingga jenis-jenis bahan yang digunakan juga terkadang tidak lazim. Seperti halnya sushi yang menggunakan bahan seafood atau daging mentah sebagai toppingnya. Ataupun Nato, sebuah makanan yang terbuat dari kacang yang difermentasi dan memiliki bau yang aneh. Baca juga Review Cemilan dan Makanan Jepang Paling Lezat di Jakarta.

Sejarah Cemilan Takoyaki dan Okonomiyaki Jepang

Tetapi untuk saat ini saya akan membahas Takoyaki dan Okonomiyaki. Takoyaki dan Okonomiyaki juga merupakan salah satu cemilan / jajanan jepang yang unik dan termasuk cemilan jepang yang mudah dibuat. Buat yang belum tau Takoyaki, Takoyaki merupakan cemilan berbentuk bola-bola yang memiliki diameter 4-6 cm. Terbuat dari adonan tepung terigu khusus dan didalamnya dimasukan potongan daging gurita irisan jahe merah juga daun bawang. Lalu diatasnya diberikan taburan katsuobushi / cakalang kering. Rasa Takoyaki sendiri sangat gurih dan lezat. Takoyaki sendiri merupakan cemilan yang berasal dari wilayah kansai, Jepang. Baca juga informasi Peluang Bisnis Waralaba Makanan Jepang Terbaik.

Sejarah Cemilan Takoyaki dan Okonomiyaki Jepang
Takoyaki di jakarta, source image : Daddys Takoyaki

Dijepang, 1 porsi takoyaki biasanya dijual dengan isi 4-6 buah bola. Tetapi pada saat perayaan matsuri, Takoyaki seukuran bola tenis sering dijual secara satuan. Orang-orang biasa menyebutnya dengan nama jambotako. Ketika anda berkunjung ke Jepang, kota osaka merupakan kota yang memiliki banyak penjual takoyaki. Disana anda bisa melihat orang-orang yang terkadang berdiri mengantri sambil melihat proses memasak takoyaki yang unik. Apalagi saat anda berkunjung saat musim dingin di Jepang, antriannya bisa sangat panjang. Karena takoyaki merupakan makanan khas jepang di musim dingin dan makanan khas festival di Jepang.

Sejarah Takoyaki

Takoyaki merupakan hasil dari modifikasi makanan yang bernama choboyaki, yaitu gorengan tepung yang berisi konnyaku didalamnya. Kemudian choboyaki berubah menjadi  Rajioyaki yang isinya terdapat urat sapi atau bagian lainnya dari daging sapi.

Kemudian pada sekitar tahun 1933, sebuah kios bernama Aizuya menjual Nikuyaki. Sebuah makanan yang merupakan hasil modifikasi dari rajioyaki. Lalu ditahun 1935, kios Aizuya memiliki ide dan mulai mengisikan potongan gurita dan telur ke dalam adonan rajioyaki dan akhirnya mereka menyebutnya dengan nama takoyaki.

sejarah okonomiyaki cemilan jepang
Lezatnya okonomiyaki, source image : dokumentasi pribadi

Sejarah Okonomiyaki

Lalu keunikan berikutnya berasal dari okonomiyaki, buat yang belum tau okonomiyaki. Okonomiyaki atau biasa disebut dengan nama pizza jepang. Merupakan makanan yang terbuat dari terigu yang di encerkan menggunakan air atau dashi (Kaldu Jepang) dan didalamnya berisikan sayur-sayuran seperti kol, wortel, daun bawang dan jahe merah jepang. Lalu diatasnya diberikan telur dan taburan toping daging. Tidak ketinggalan juga taburan katsuobushi diatasnya. Okonomiyaki berbentuk bulat ataupun kotak, semuanya tergantung dari mana anda membeli Okonomiyakinya.

Menurut cerita yang beredar, Okonomiyaki dibuat oleh angkatan laut jepang yang pernah pergi ke italia. Saat pulang kejepang, dia ingin sekali memakan pizza lagi. Tetapi karena kurang tau cara pembuatannya. Maka dia membuat adonan terigu dan menaruh berbagai macam sayuran serta topping lainnya diatas adonan tepung terigu tersebut, dan terciptalah okonomiyaki.

Tetapi menurut wikipedia, okonomiyaki merupakan makanan funoyaki yang sudah dimodifikasi. Pada saat era Meiji, funoyaki di kembangkan lagi menjadi dondonyaki. Kemudian di era Showa, dondonyaki dikembangkan lagi menjadi Kyabetsuyaki yang menggunakan saus uster sebagai tambahannya. Okonomiyaki yang kita kenal sekarang ini merupakan perkembangan terkahir dari Kyabetsuyaki.

Sekarang di Indonesia, Takoyaki dan Okonomiyaki sudah memiliki banyak penggemarnya. Bahkan sekarang pun ada waralaba takoyaki dan okonomiyaki di Jakarta. Perkembangannya sangat cepat, mungkin karena juga terpengaruh dari berkembangnya film animasi Jepang di Indonesia. Sekian Informasi mengenai Sejarah Cemilan Takoyaki dan Okonomiyaki Jepang yang kami berikan, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga berguna. Terima Kasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *