Daftar Waralaba Makanan Milik Asing di Indonesia

Daftar Waralaba Makanan Milik Asing di Indonesia – Waralaba makanan merupakan konsep bisnis di mana kita berhak menggunakan lisensi dari sebuah produk. Di Indonesia, banyak perusahaan yang membuka konsep bisnis peluang usaha waralaba makanan. Mulai dari perusahaan dalam negeri, perusahaan asing, hingga perusahaan anak bangsa yang membawa waralaba makanan milik asing kedalam Indonesia.

Seperti contoh PT. Fastfood Indonesia, Tbk membuka gerai pertama Restoran KFC pertama di Indonesia dan dibuka pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta. PT. Fastfood Indonesia, Tbk juga didaulat sebagai pemegang penuh hak waralaba tunggal KFC di Indonesia. Sekarang Bukan hanya KFC waralaba asing yang hadir di Indonesia. Ada banyak waralaba makanan milik asing yang kini hadir dan tumbuh kembang secara pesat di Indonesia. Mau tau waralaba makanan asing apa saja yang sukses Indonesia ? Berikut kami infokan artikelnya. Baca juga Waralaba Makanan Takoyaki Jepang Terbaik.

Daftar Waralaba Makanan Milik Asing di Indonesia

Restaurant KFC pertama yang dibuat kolonel sanders
Restaurant KFC pertama yang dibuat kolonel sanders, source image : blogspot.com

1. KFC (Amerika Serikat)

KFC merupakan waralaba makanan pertama yang hadir di Indonesia. KFC merupakan usaha makanan yang terkenal didunia akan kelezatan ayam goreng buatannya. KFC Bermula oleh Kolonel Sanders yang menjual ayam goreng racikan miliknya sendiri pada tahun 1939 di restoran miliknya di Kentucky, Amerika Serikat. Kemudian pindah ke motel, dimana pada akhir tahun 1940 Ia menutup usaha ayam gorengnya karena ada jalan tol Interstate yang dibangun melalui kotanya. Lalu di tahun 1950-an, ia bertemu dengan Pete Harman di Salt Lake City, Utah. Kemudian pada tahun 1952 mereka bersama membangun restoran Kentucky Fried Chicken yang pertama di dunia.

Pada Tahun 1964, Sanders menjual seluruh waralaba KFC. Beserta resep daging ayam KFC. Baca juga informasi tentang Resep Cemilan Takoyaki Asli Jepang Terlezat. Dan selama itu juga waralaba kfc sudah dijual sebanyak 3 kali. Pemilik terakhir KFC adalah PepsiCo, lalu menggabungnya ke dalam divisi perusahaan Tricon Global Restaurants atau sekarang lebih dikenal dengan nama Yum! Brands, Inc.

Restoran pertama mcdonalds di amerika
Restoran pertama mcdonalds di amerika, source image : ggpht.com

2. McDonald’s (Amerika Serikat)

McDonald’s atau yang lebih dikenal dengan nama MCD merupakan waralaba makanan cepat saji paling terkenal di Indonesia. Sama halnya dengan KFC. Restoran waralaba McDonald’s muncul pertama kali di wilayah Sarinah, Jakarta. Dan dibuka sekaligus dipekernalkan kepada umum pada tanggal 23 Februari 1991. Untuk menarik banyak pengunjung, McDonald’s Indonesia menjual menu ayam goreng dan nasi di restoran miliknya. Tentu hal ini sangat berbeda dibanding kebanyakan restoran McDonald’s di luar negeri.

Berdirinya McDonald’s dimulai pada tahun 1940 oleh Dick dan Mac McDonald, di San Bernardino, California. Kemudian di tahun 1948 McDonald’s mengenalkan system “Speedee Service System” yang akhirnya menjadi prinsip dasar bagi seluruh restoran siap-saji modern.

Tetapi tahun 1940 tidak dijadikan sebagai tahun lahirnya waralaba makanan cepat saji tersebut. 15 April 1955 lah yang dijadikan sebagai tahun lahir McDonalds’s, karena pada saat itu Ray Kroc membeli lisensi waralaba McDonald’s dari Dick dan Mac di Des Plaines, Illinois.

restoran pertama pizza hut didunia
restoran pertama pizza hut didunia, sourc image : pizzahalloffame.com

3. Pizza Hut (Amerika Serikat)

Siapa yang tak kenal dengan merk pizza yang satu ini. Bisa dibilang hampir diseluruh dunia terdapat gerai pizza hut. Pizza hut sendiri merupakan salah satu jaringan waralaba makanan terbesar didunia. Kurang lebih terdapat 12.000 gerai pizza hut diseluruh dunia. Dan tak disangka juga, ternyata pizza hut merupakan anak perusahaan dari Yum! Brands yang juga merupakan salah satu perusahaan multinasional terbesar di dunia.

Tahun 1984 merupakan awal mula Pizza Hut hadir di Indonesia. Dan sekaligus menjadikannya sebagai restoran pizza pertama di Indonesia. PT Sari Melati Kencana, yang merupakan anak perusahaan PT Sriboga Raturaya adalah pemegang resmi hak waralaba makanan pizza hut di Indonesia.

Pizza Hut pertama kali dibuka pada tahun 1958 di Wichita, Kansas, Amerika Serikat oleh Dan Carney dan Frank Carney. Mereka membuka pizza hut hanya dengan mengandalkan naluri bisnis. Awalnya mereka meminjam uang sebesar US$ 600 dari ibunya untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita dengan nama Pizza Hut.

Restoran pertama yoshinoya di jepang
Restoran pertama yoshinoya di jepang, sourc image : matcha-jp.com

4. Yoshinoya (Jepang)

Yoshinoya merupakan salah satu waralaba makanan dari jepang yang sedang berkembang dengan pesat di Indonesia saat ini. Yoshinoya pernah membuka restorannya pada tahun 1994 di Jakarta. Dibawah naungan perusahaan Yoshinoya International akan tetapi tutup pada 1998 akibat krisis finansial yang melanda indonesia di tahun tersebut. Ditahun 2010, Yoshinoya hadir kembali di Jakarta dan membuka restorannya di kawasan Grand Indonesia. Baca Juga Sejarah Cemilan Takoyaki dan Okonomiyaki Jepang

Yoshinoya Pertama berdiri pada tahun 1899, didirikan oleh Eikichi Matsuda. Diberi nama Yoshinoya karena pendirinya, Eikichi Matsuda berasal dari Yoshino-cho, Osaka, dan ya (家) memiliki arti rumah, ditambahkan di belakang nama toko. Menu andalan yoshinoya saat itu adalah gyudon, semangkuk nasi yang diberikan irisan tipis daging sapi yang dimasak dengan kecap asin dan gula.

Ekspansi waralaba makanan yoshinoya secara internasional ditandai dengan dibukanya Yoshinoya di Los Angeles, Amerika Serikat pada tahun 1979. Kemudian di tahun 2006 baru membuka sistem waralaba untuk pengusaha di Amerika Serikut.

waralaba restoran pertama burger king
waralaba restoran pertama burger king, source image : bizj.us

5. Burger King (Amerika Serikat)

Burger King merupakan waralaba makanan yang berfokus pada burger kentang goreng dan minuman ringan. Di Indonesia Burger King Sempat hadir dan tutup pada sekitar tahun 1980-an. Burger King hadir kembali di tahun 2007, dimana PT. Mitra Adiperkasa yang juga mengelola waralaba starbuck membeli hak lisensi waralaba burger king. Sekarang Waralaba Burger King dipegang tunggal oleh PT. Sari Burger Indonesia, yang dikelola juga oleh PT. Mitra Adiperkasa. Burger King di Indonesia hadir kembali dengan outlet pertamanya di Senayan City, Jakarta.

James Mc Lamore dan David Edgerton mendirikan Burger King pada tahun 1954 restoran ini berpusat di Miami-Dade County, Florida. Nama pertama waralaba burger king adalah Insta-Burger King.

Itulah Daftar Waralaba Makanan Milik Asing di Indonesia, sebenarnya masih banyak waralaba makanan asing yang hadir di Indonesia. Tetapi kami merangkumnya berdasarkan kesuksesan, banyaknya penggemar & banyaknya jumlah gerai yang ada dilokasi-lokasi strategis di wilayah Indonesia. Sekian informasi yang kami berikan, kurang lebihnya mohon maaf. Terima Kasih.

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *